Menu Navigasi

Featured Image

Pendididkan Pengguna

dipublish pada 26 Mei 2023

PENDIDIKAN PENGGUNA

 Merupakan bimbingan atau pendidikan terhadap pengguna perpustakaan untuk menggunakan perpustakaan dan fasilitas yang ada di dalamnya. Pendidikan pengguna merupakan kegiatan yang dirancang untuk mendidik pengguna agar mengetahui sumber-sumber informasi perpustakan yang terdiri dari koleksi, fasilitas dan jasa perpustakaan, mendidik pengguna dalam memanfaatkan sumber-sumber informasi secara tepat dan cepat serta mendidik pengguna perpustakana untuk menjadi pengguna yang tertib dan bertanggung jawab.


Program pendidikan pengguna perlu dilaksankan, karena kemampuan menggunakan perpustakaan merupakan dasar yang penting dalam mencapai keberhasilan dalam pendidikan. Selain itu perpustakaan juga diharapkan mampu berfungsi dalam mendidik pengguna perpustakaan untuk menjadi pengguna yang tertib dan bertanggung jawab. Waktu pelaksanaan bervariasi, dapat merupakan program wajib yang dilaksankan secara kontinyu dan terjadwal, tetapi dapat pula dilaksanakan sesuai kebutuha. Tempat penyelenggaraan tidak terikat oleh prosedur yang formal, misalnya di perpustakaan atau dikelas, disesuaikan dengan fasilitas yang ada.


Dalam pendidikan pengguna, Malley (1984) membedakan pendidikan pengguna ke dalam dua hal yaitu library orientation dan library instruction. Orientasi perpustakaan bertujuan untuk mengenalkan pengguna akan keberadaan perpustakaan dan layanan apa saja yang tersedia di perpustakaan juga memungkinkan pengguna mempelajari secara umum bagaimana menggunakan perpustakaan, jam buka, letak koleksi tertentu dan cara meminjam koleksi perpustakaan.

Ada beberapa hal yang melatarbelakangi perlunya diadakan kegiatan pendidikan Pengguna di perpustakaan perguruan tinggi, diantaranya adalah :

  1. Sarana dan prasarana serta koleksi di perpustakaan merupakan suatu investasi yang sangat besar bagi perguruan tinggi, oleh karena itu perpustakaan harus digunakan dan dimanfaatkan semaksimal oleh Penggunanya.
  2. Pengguna perpustakaan sebagian besar adalah mahasiswa yang ditekankan pada studi mandiri, sehingga diharapkan dengan kegiatan pendidikan Pengguna perpustakaan maka mampu untuk lebih memahami dan menggunakan perpustakaan dengan berbagai fasilitas dan layanannya secara lebih efektif dan efisien.
  3. Dengan adanya kegiatan pendidikan pengguna maka perpustakaan harus mengatur dan membenahi dirinya agar dapat dipergunakan dengan mudah oleh Penggunanya.
  4. Dengan adanya kegiatan ini maka merupakan suatu kesempatan bagi pustakawan untuk meningkatkan diri bukan hanya sebagai petugas yang hanya melayani Pengguna saja tetapi ikut serta menyumbangkan pikiran dan keahliannya dalam meningkatkan kualitas layanan perpustakaan.
  5. Melalui pendidikan Pengguna ini berarti perpustakaan telah dapat dan secara nyata memberikan sesuatu yang amat diperlukan oleh Penggunanya.

Tujuan utama diadakannya kegiatan pendidikan pengguna perpustakaan adalah untuk memperkenalkan ke pemakai bahwa perpustakaan adalah suatu sistem yang didalamnya terdapat koleksi dan sumber informasi lain.Menurut Rahayuningsih (2005), ada bermacam-macam tujuan yang hendak dicapai, diantaranya adalah :

  1. Agar pemakai menggunakan perpustakaan secara efektif dan efisien.
  2. Agar pemakai dapat menggunakan sumber-sumber literatur dan dapat menemukan informasi yang relevan dengan masalah yang dihadapi.
  3. Memberi pengertian kepada mahasiswa akan tersedianya informasi di perpustakaan dalam bentuk tercetak atau tidak.
  4. Memperkenalkan kepada mahasiswa jenis-jenis koleksi dan ciri-cirinya.
  5. Memberikan latihan atau petunjuk dalam menggunakan perpustakaan dan sumber-sumber informasi agar pemakai mampu meneliti suatu masalah, menemukan materi yang relevan , mempelajari dan memecahkan masalah.
  6. Mengembangkan minat baca pemakainya
  7. Memperpendek jarak antara pustakawan dengan penggunanya

Pendidikan pengguna ini memperlihatkan dan menjealskan manfaat penting perpustakaan bagi seluruh siswa. Kemempuan pengguna dalam memanfaatkan perpustakaan merupakan dasar yang amat penting dalam mencapai keberhasilan pendidikan. Selain itu  peprustakaan diharapkan akan mampu mendidik penggunanya untuk tertib dan bertangung jawab dalam memanfaatkan semua koleksi secara maksimal. Artinya perpustakaan akan berfungsi secara optimal apabila penggunanya dapat mengetahui dengan baik dan cepat dimana dan bagaimana cara menemukan sumber informasi yang mereka butuhkan.

Share:

Discussion

There are no comments yet.
Markdown cheatsheet.