Menu Navigasi

Featured Image

Layanan Anak

dipublish pada 26 Mei 2023

Perpustakaan sebagai sumber utama pendidikan akan berfungsi dengan baik jika indeks literasi bangsa dipastikan baik juga. Namun, masyarakat masih menilai bahwa fungsi peprustakaan masih kaku, hanya difungsikan sebagai tempat menyimpan koleksi referensi untuk tugas sekolah, bahan penelitian dan segala sesuatu yang berat. Perpustakaan ketika menjadi menara gading, maka tidak akan mampu memberikan manfaat bagi banyak hal disekitarnya. Oleh karena itu, pustakawan harus lebih aktif, kreatif, dan inovatif aar pengunjung manjad semakin betah dan sering berkunjung ke peprustakaan untuk melakukan kegiatan berbagai kegiatan literasi. Gedung-gedung harus lebih menarik, rekreatif, dan memiliki koleksi yang lengkap.

Pustaka Smana menyediakan layanan anak yang dapat dimanfaatkan oleh pihak-pihak terkait untuk meningkatkan kemampuan berliterasi. Layanan ini dapat berupa pengembangan koleksi perpustakaan, mendongeng, membimbing, kemandirian, membaca bersama, permainan edukasi dan sebagainya. Pada dasarnya layanan ini diadakan di perpustakaan sebagai bentuk upaya pelayanan khusus terhadap anak-anak di perpustakaan agar dapat memupuk budaya literasi sejak dini.

Tujuan layanan Anak:

  • Menyediakan koleksi  berbagai bentuk bahan Pustaka, serta penyajian yang menarik perhatian anak dan mudah digunakan
  • Memberikan bimbingan kepada anak-anak dalam memilih buku dan bahan Pustaka lainnya sesuai usianya.
  • Membina, mengembangkan, dan memelihara kesenangan membaca (sebagai hobi ) dan mendidik anak belajar mandiri
  • Mempergunakan sumber yang ada di perpustakaan untuk menunjang belajar seumur hidup
  • Membantu anak untuk mengembangkan kecakapannya dan menambah pengetahuan sosialnya
  • Berfungsi sebagai suatu kegiatan social dalam masyarakat untuk menyejahterakan anak-anak

Jenis-jenis Layanan Anak di Pustaka Smana

  • Peminjaman bahan Pustaka
  • Layanan membaca
  • Bimbingan membaca
  • Mendongeng
  • Permainan edukasi
  • Referensi
  • Menggambar dan mewarnai


Layanan anak diselenggarakan oleh perpustakaan dengan memperhatikan kebutuhan anak-anakk dari pemilihan bahan Pustaka yang disajikan. Bahan bacaan anak usia balita lebih ditekankan pada gambar (picture books) tanpa teks. Anak balita banyak tertarik pada gambar dan warna-warna menyolok. Sedangkan, pada usia dasar anak diperkenalkan  dengan huruf dan angka. Anak-anak yang sedang bertumbuh dan berkembang membutuhkan bacaan-bacaan yang berkualitas. Penyediaan bacaan yang tepat  adalah menjadi tanggung jawab pustakwan agar anak tertarik dan gemar membaca. Anak-anak harus menemukan kepuasan dalam membaca, karena itu pustakawan tidak boleh mengabaikan selera anak. Mereka membutuhkan  bacaan hiburan, informasi, dan  hal-hal menarik dari lingkungannya. Telebvisi dan teknologi informasi telah banyak mengubah kehidupan anak modern, termasuk bahan bacaanya. 

Share:

Discussion

There are no comments yet.
Markdown cheatsheet.